Penjurian APFI 2023

IG Feed 1080 x 1080 1

Pelaksanaan penjurian Anugerah Pewarta Foto Indonesia 2023 telah selesai digelar. .

Dewan juri yang terdiri dari Desi Fitriani, Ng Swan Ti, Oscar Motuloh, dan Trisnadi sepakat memilih Mast Irham sebagai Ketua Dewan Juri APFI 2023. 

Selama 12 jam, kelima juri menyeleksi 2512 foto yang masuk. Jumlah ini meningkat 10 persen dari penyelenggaraan APFI tahun lalu. 

Sebelum memulai proses penjurian, panitia melakukan seleksi administrasi dan kelengkapan karya foto tiap peserta. Ketua APFI 2023, Miftahulhayat menjelaskan jika masih banyak peserta yang belum teliti untuk melengkapi hal-hal teknis sebagai syarat pengiriman foto. “Ada peserta yang salah dalam setelan tanggal di kamera, salah penamaan file, salah memasukkan kategori, tidak mengisi metadata, melebihi jumlah foto kombinasi, hingga ada pula yang mengirimkan foto tahun 2023.” ujar Miftah.

Selain itu, untuk kategori esai masih banyak sekali pewarta foto yang kurang detail dalam hal penulisan. “Banyak foto esai yang bagus, tapi narasi visual yang mendampinginya terkesan hanya sebatas reportase biasa, tanpa ada rasa dan kedalaman data serta fakta-fakta lain yang disertakan.” ujar Oscar Motuloh, anggota juri. 

Pewarta Foto Indonesia memberikan apresiasi tertinggi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh dewan juri yang telah berkenan mendukung APFI 2023. Terima kasih juga untuk seluruh peserta yang telah mengirim karyanya. 

Simak info dan update APFI 2023 di www.pewartafotoindonesia.or.id dan instagram @pewartafotoindonesia

#pewartafotoindonesia #pfinasional #apfi2023 #anugerahpewartafotoindonesia

image

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *