Amstirdam Kopi: Memaksimalkan Potensi Kopi Kabupaten Malang

1-Rizki-Dwi-Putra_Amstirdam-Coffee_004

Image 1 of 8

Oleh: Rizki Dwi Putra | PFI Malang

Sivaraja merupakan sosok pemilik roastery kopi yang terkenal di Kota Malang, namanya  Amstirdam Coffee Malang. Berawal dari hobi minum kopi saat menjalankan study di Australia, ia mengambil jalan lebih serius untuk mempelajari tentang kopi secara otodidak. Dimana akhirnya memutuskan untuk terjun berwirausaha di industri kopi. Tahun 2009 ia membuka coffee roastery, dari sini banyak pembeli yang meminta untuk bisa nyeduh ditempat secara langsung, dari satu orang meminta dibuatkan kopi di tempat roasting hingga menjamur ke pelanggan lainnya.

“Sepulang study di Australia, saya diajak sahabat saya melihat kebun kopi yang ada di Kabupaten Malang, melihat potensi kopi serta alamnya yang luar biasa saya menemukan banyak ide untuk menggembangkan bisnis kopi lokal di Kabupaten Malang,” Ujar Sivaraja (40) pemilik dari coffee shop terkenal di Kota Malang, Jawa Timur.

Bagi orang awam nama “amstirdam” sekaan terlalu kebaratan namun siapa sangka nama tersebut ia dapatkan saat berdiskusi bersama kelompok tani kopi yang ada di Kabupaten Malang. Dibalik kalimat amstirdam tersimpan identitas sebuah nama daerah penghasil kopi yang berada di daerah Kab. Malang.

AMSTIRDAM (Ampel Gading, Sumbermanjing, Tirtoyudo, Dampit) singkatan dari empat nama kecamatan yang berada di daerah Kabupaten Malang, Jawa Timur. Daerah tersebut sangat terkenal dengan komoditas kopi robusta terbaik yang dimiliki oleh di Indonesia. Nama Amstirdam sendiri awal mulanya sudah ada dikalangan kelompok tani dari empat kecamatan yang ada di Kab. Malang yang konon untuk mempermudah komunikasi antar para petani. “Saya mempunyai mimpi besar bisa memadukan kopi lokal dengan rempah-rempah yang ada di Indonesia, khususnya di Kab. Malang ini. Gila ini potensinya besar sekali kalau kita sadar,” ucap Sivaraja sembari menunjukan beberapa cabang coffee shopnya yang ada di Kota Malang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *