PFI Jambi Gelar Bincang Fotografi Ramadhan

IMG20220414180541

Pewarta Foto Indonesia (PFI) Jambi menggelar kegiatan diskusi bertema Ramadan Dalam Lensa. Kegiatan ini mengundang Riko Mappedeceng, fotografer, sebagai narasumber dan Alfi Syahri dari PFI Jambi sebagai pemandu acara. Kegiatan yang digelar di Warung Kopi Broyat ini diikuti oleh jurnalis, mahasiswa dan pecinta fotografi.

Saat diskusi, Riko menyampaikan banyak tempat menarik selama Ramadan yang bisa dijadikan spot foto. Masjid, pasar, hingga kegiatan atau tradisi selama Ramadan menarik untuk dijadikan objek foto.

“Teman-teman di daerahnya masing-masing ada masjid dan kegiatannya selama Ramadan juga menarik dijadikan objek foto, tidak hanya dari segi kegiatan tapi dari segi arsitektur contohnya Masjid Angung Pondok Tinggi di Sungai Penuh. Ada baiknya dalam foto kita masukkan masyarakat atau orang agar foto lebih hidup. Pasar, kegiatan jual beli di pasar sangat menarik untuk diabadikan saat bulan Ramadan,” ujarnya ditengah diskusi.

Dewan Penasehat PFI Jambi, Irma Tambunan, juga menambahkan ragam spot foto selama ramadan, persiapan untuk foto, kuliner Ramadan khas dari Sebrang, dan tradisi Ramadan. Selama ramadan ada beberapa tradisi yang bisa menjadi objek foto menarik.

Irma mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan diskisi pertama PFI Jambi yang dibuka  untuk publik setelah terbentuk satu tahun. Kegiatan diskusi rencana akan dilaksanakan rutin setiap bulan.

“Harapannya dengan kegiatan ini bisa membawa pencerahan tentang fotografi, kegiatan diskusi rencana akan dilaksanakan rutin tiap bulan agar bisa meningkatkan kapasitas fotografi jurnalis selama Ramadan, agar tidak menjadi monoton seorang jurnalis harus peka mengambil dari beragam sudut pandang,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.