Medan Terpilih Sebagai Tuan Rumah APFI 2022

Jakarta, 2022 – Ajang penghargaan tertinggi jurnalis foto tanah air, Anugerah Pewarta Foto Indonesia 2022 kembali akan diselenggarakan oleh organisasi Pewarta Foto Indonesia (PFI) Pusat. Usai sukses menggelar APFI 2021 di Jakarta, kini gelaran tersebut bergeser ke pulau Sumatera, tepatnya di Kota Medan, Sumatera Utara.

Ketua Umum PFI, Reno Esnir, berharap ajang ini mendapatkan dukungan dari seluruh anggota PFI di Indonesia. “Meski pandemi ini belum selesai, namun PFI Pusat tetap berkomitmen untuk menggelar APFI 2022. Dan tahun ini kota Medan kami pilih sebagai tuan rumah penyelenggara,” ujar Reno.

Pewarta foto LKBN Antara ini juga menyampaikan bahwa APFI 2022 tetap akan dilakukan secara sederhana, namun dengan tidak mengurangi kualitas karya pemenang dan eventnya. “Nantinya akan diselenggarakan secara secara ringkas dan lugas, tidak ada kerumunan serta prokes ketat, mirip seperti tahun lalu,” tambahnya.

Ketua PFI Medan, Rahmad Suryadi, menyambut baik dan bersyukur Medan terpilih sebagai tuan rumah. “Seluruh pengurus PFI Medan siap untuk menyelenggarakan APFI dan kami menunggu kedatangan teman-teman pewarta foto Juni nanti,” kata Rahmad.

Ketua Panitia APFI 2022 Dwi Pambudo, menjelaskan bahwa nantinya ajang ini tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya. “Teknis kegiatan akan tetap kami pertahankan dengan memunculkan platform baru dan satu kategori tambahan untuk mengakomodir rekan-rekan pewarta foto non-anggota PFI,” ucap pewarta foto Rakyat Merdeka ini.

Awarding khusus untuk PFI Kota yang berprestasi baik akan tetap digelar, begitu pula dengan penerima Photo of The Year 2022 akan mendapatkan Alex & Frans Mendur Trophy. “Best Management Award dan Best Performance Award untuk dua PFI Kota terbaik akan dipilih oleh Ketua Umum dan Sekjen PFI Pusat berdasarkan raport selama satu tahun terakhir,“ tutup Dwi Pambudo.

PFI Pusat mengucapkan terima kasih kepada PFI Medan, PFI Kota, panitia penyelenggara, dan seluruh anggota yang berpartisipasi. Kunjungi apfi2022.pewartafotoindonesia.or.id untuk informasi dan pendaftaran.

Informasi:

Dwi Pambudo, Ketua APFI 2022: 0813 8436 8727          

Zulfan Dalimunthe, Ketua Panitia Medan APFI 2022: 0813 6252 9545