Kelas V XL Axiata Photojournalist Mentorship 2020: Menyusun Foto Cerita

Kelas V

Kelas ke-V XL Axiata Photojournalist Mentorship 2020 diisi dengan materi menyusun foto cerita oleh Rony Zakaria. Dalam kelas ini, Rony membahas secara rinci mengenai seluruh elemen proses membuat foto cerita, mulai dari riset yang mendalam hingga proses editing dan sequencing.

“Jangan mengulangi apa yang sudah kita sampaikan (repetisi), editing itu penting karena itu message-nya dan itu juga menunjukan siapa kita sebagai fotografer. Keep it simple”, ujar Rony.

Di kelas yang berlangsung sangat interaktif itu, Rony juga menampilkan simulasi editing foto cerita. Ia mengajarkan bagaimana dia memilih satu-persatu fotonya dalam rangkaian foto cerita melalui software yang dilakukan secara live via zoom.

Selama program  XL Axiata Photojournalist Mentorship 2020, sepuluh peserta akan menerima sebelas kelas, mulai dari perencanaan liputan, etika fotojurnalistik, visual literasi, fotografi olahraga, pitching, menulis, hingga kelas editing. Dalam waktu 2 bulan, peserta melakukan pemotretan projek liputan yang telah mereka rencanakan. 1 orang peserta terbaik bergelar CommBank Most Valuable Photojournalist (MVP) akan mendapatkan grant personal photo project. 

#pewartafotoindonesia #pfimentorship2020 #XLAxiata #DiRumahLebihBaik #TerusSebarKebaikan #CommBankMVP #EigerAdventure @xlaxiata_tbk @pertamina @commbank_id @pertaminagas @eigeradventure @newsmerahputih @labranajakarta @ronyzakaria