Kelas VI XL Axiata Photojournalist Mentorship 2020: Visual Literasi

Kelas VI

Pada kelas ke-VI XL Axiata Photojournalist Mentorship 2020, sepuluh peserta terpilih mendapatkan materi literasi visual dari Taufan Wijaya.

Dosen Universitas Multimedia Nusantara ini menjelaskan bahwa visual literasi menjadi bagian penting yang dapat mendukung pewarta foto dalam merangkai karya foto. “Tujuan utama literasi visual adalah critical thinking. Bagaimana ketika kita disajikan oleh banyak menu visual, kita bisa melihat proses yang ada dibelakang itu, termasuk kita bisa membaca, menebak, menegosiasikan makna apa yang akan ditampilkan fotografer”, ujar Taufan.

Selain itu, Taufan juga menjelaskan mengenai tanggung jawab seorang pewarta foto agar penikmat fotonya tidak salah tangkap atau misleading dalam menyajikan informasi fotografi. “Makna itu sebisa mungkin disajikan tunggal, kalau mau multitafsir, itu bukan peran jurnalis foto”, tambah Taufan.

Selama program  XL Axiata Photojournalist Mentorship 2020, sepuluh peserta akan menerima sebelas kelas, mulai dari perencanaan liputan, etika fotojurnalistik, visual literasi, fotografi olahraga, pitching, menulis, hingga kelas editing. Dalam waktu 2 bulan, peserta melakukan pemotretan projek liputan yang telah mereka rencanakan. 1 orang peserta terbaik bergelar CommBank Most Valuable Photojournalist (MVP) akan mendapatkan grant personal photo project. 

#pewartafotoindonesia #pfimentorship2020 #XLAxiata #DiRumahLebihBaik #TerusSebarKebaikan #CommBankMVP #EigerAdventure @xlaxiata_tbk @pertamina @commbank_id @pertaminagas @eigeradventure @newsmerahputih @labranajakarta @taufanwijaya_