18 Pewarta Foto Dinyatakan Kompeten di Jakarta

WhatsApp Image 2024 04 28 at 10.39.09

Sebanyak 18 peserta uji kompetensi dengan modul foto jurnalistik milik PFI dinyatakan kompeten usai menyelesaikan seluruh soal ujian di hotel Sultan, Senayan, Jakarta pada tanggal 25-27 April 2024.

Penguji PFI yang terdiri dari Hermanus Prihatna, Maha Eka Swasta, dan Zarqoni Maksoem tampak antusias menguji para peserta yang terdiri lengkap di 3 jenjang Muda, Madya, dan Utama. Sebelum memulai uji kompetensi, seluruh peserta mendapatkan pembekalan materi mengenai Kode Etik Jurnalistik, Kode Etik PFI, pedoman-pedoman pemberitaan, dan sharing session tentang isu-isu aktual fotografi bersama pemateri yang juga penguji PFI, Alex Suban.

Para peserta tersebut terdiri dari pewarta foto freelance dan media nasional seperti Rakyat Merdeka, Jawa Pos, CNBC, Kompas, Gatra, Antara, dan Kumparan. Ke-18 peserta yang dinyatakan kompeten adalah:

Aditia Noviansah
Eva Agriana
Ferganata Indra
Grandyos Zafna
Hendra Eka
Heru Sri Kumoro
Khairizal Anwar
Kristianto Purnomo
M. Sabki
Mohamad Qori
Patra Rizky
Priyombodo
Puspa Perwitasari
Raditya Helabumi
Rivan Awal Lingga
Riza Fathoni
Rosa Panggabean
Wisnu Widiantoro

Selain partisipasi dari para peserta, ada pula penguji magang, Danu Kusworo dari harian Kompas yang turut mengikuti tes.

Anggota Dewan Pers, Tri Agung Kristanto secara khusus memberikan pujian kepada PFI. “Luar biasa PFI, bisa menjadi contoh lembaga uji lain dalam penyelenggaraan uji kompetensi.” ujar Tri Agung.

Pewarta Foto Indonesia (PFI) mengucapkan terima kasih kepada Dewan Pers, seluruh penguji, para peserta, dan panitia yang bertugas.

Selanjutnya Uji Kompetensi Pewarta Foto Indonesia (UKPFI) akan mengunjungi kota Surabaya, Pekanbaru, dan Palu.

Simak informasi lainnya di website www.pewartafotoindonesia.or.id

Foto-foto: Jeprima WD & Didik Setiawan.

WhatsApp Image 2024 04 28 at 10.39.46 1
WhatsApp Image 2024 04 28 at 10.39.46

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *