Workshop Fotojurnalistik Bersama Alex Ellinghausen

Screen Shot 2023 02 02 at 15.41.57

Hari kedua pameran foto “Bangkit Dari Pandemi” diisi dengan workshop “Challenges in Photojournalism” oleh Alex Ellinghausen (@alexellinghausen), pewarta foto The Sidney Morning Herald, Australia.

Didampingi Okky Ardy (@okkyardya) sebagai moderator, Alex Ellinghausen menjelaskan pentingnya seorang pewarta foto untuk bisa beradaptasi dalam segala macam jenis liputan. Mulai liputan olahraga, politik, daily life, bencana, hingga meliput di kawasan berbahaya seperti pandemi dan kebakaran hutan.

Alex juga menjelaskan bagaimana teknologi dapat memudahkan pewarta foto dalam mendapatkam sebuah angle foto yang sebelumnya mungkin sulit untuk dijangkau.

Dalam sesi akhir, peserta melakukan presentasi karyanya untuk didiskusikan bersama. Salah satu peserta, Donal Husni, mempresentasikan foto-foto saat meliput gempa Cianjur beberapa waktu lalu. Donal menjelaskan tantangan yang ia hadapi serta bagaimana pendekatannya terhadap subjek.

Seluruh peserta sangat antusias mendengarkan paparan Alex dan juga sharing karya dari peserta lainnya. Selama workshop, disediakan juga free-flow kopi yang diracik langsung oleh pewarta foto Detikcom, Grandyos Zafna (@grandyoszafna).

Pameran dan workshop fotojurnalistik ini merupakan kerjasama antara Pewarta Foto Indonesia (PFI) dan Kedutaan Besar Australia (@kedubesaustralia). Kunjungi pameran “Bangkit Dari Pandemi” di Perpustakaan Jakarta (@perpusjkt) hingga 5 Februari 2023.

PFI Pusat mengucapkan terima kasih kepada Kedubes Australia dan Perpustakaan Jakarta atas kerja sama yang terjalin dengan sangat baik.

Screen Shot 2023 02 02 at 15.42.34
Screen Shot 2023 02 02 at 15.42.20

Foto-foto: Eva Agriana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *