UKPFI Dorong Spirit Kemerdekaan Pers

ukpfi
Anggota Dewan Pers, Ninik Rahayu (berdiri tengah), bersama Ketua Umum PFI Reno Esnir (berdiri, enam dari kiri), Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Jawa Timur Hudiyono (berdiri, lima dari kanan), Ketua PFI Surabaya Suryanto (berdiri, dua dari kanan), berfoto bersama para penguji dan peserta UKPFI 2022 di Hotel Regantris, Surabaya, Rabu (3/8). Foto: Akbar Nugroho/PFI Jakarta
 

Pewarta Foto Indonesia kembali menggelar Uji Kompetensi Pewarta Foto Indonesia (UKPFI) untuk kedua kalinya di Hotel Regantris, Surabaya, Rabu (3/8).  UKPFI kali ini diikuti oleh 12 peserta dari Surabaya, Jakarta, Gresik, Malang, Mojokerto, dan Sidoarjo.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain anggota Dewan Pers Ninik Rahayu, Ketua Umum PFI Reno Esnir, Ketua PFI Surabaya Suryanto, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Jawa Timur Hudiyono, para penguji, pemagang, dan peserta UKPFI.

Dalam sambutan pembukaan UKPFI, Ninik Rahayu menyampaikan rasa bangga atas terselenggaranya UKPFI di Surabaya. “UKPFI dapat menunjang kemerdekaan pers dan meningkatkan profesionalisme media. Dengan demikian, semoga dapat mempercepat cita-cita bangsa Indonesia yang termaktub di UUD 1945,” ujar Ninik.

Ketua Umum PFI Reno Esnir, menjelaskan jika diselenggarakannya kegiatan ini adalah sebagai upaya untuk menguatkan pengetahuan pewarta foto mengenai kaidah-kaidah jurnalistik. “PFI Pusat terus mendorong rekan-rekan PFI Kota untuk bisa menyelenggarakan UKPFI, karena program ini menjadi salah satu prioritas kami kedepannya. Semoga semakin banyak teman-teman PFI Kota yang bisa menyelenggarakan UKPFI agar semakin banyak pula anggota PFI yang tersertifikasi,” ungkap Reno

UKPFI yang terselenggara atas kerja sama dengan PFI Surabaya ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 3 hingga 4 Agustus 2022. Penguji senior Hermanus Prihatna dan Saptono didampingi Oscar Motuloh, Gino Franki Hadi, Alexander Carolus Suban, dan Arbain Rambey menguji ke-12 peserta yang hadir. Berikut adalah nama-nama peserta UKPFI Surabaya:

  1. Ahmad Zaimul Haq (Harian Surya)
  2. Andy Satria (Radar Surabaya)
  3. Dipta Wahyu Pratomo (Jawa Pos)
  4. Dwi Prasetyo (Petisi.co)
  5. Khabibur Rahman (Harian Surya)
  6. Muhammad Sofan Kurniawan (Radar Mojokerto)
  7. Rido’i (Harian Duta)
  8. Robertus Risky (Jawa Pos)
  9. Umarul Faruq (Antara Foto)
  10. Aris Novia Hidayat (TEMPO)
  11. Jeprima WD (Tribunnews)
  12. Reza Esnir (Hukum Online)

PFI Pusat mengucapkan terima kasih kepada Dewan Pers, Pemprov Jawa Timur, PFI Surabaya, dan seluruh penguji serta peserta yang sudah berpartisipasi. Tak lupa kepada seluruh sponsor yang telah berperan mendukung terselenggaranya UKPFI, BNI, Pelindo, PT KAI, Pemprov Jawa Timur, Telkomsel, Hotel Regantris, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, dan UK Petra Surabaya.

06 UKPFI Surabaya H1

Leave a Reply

Your email address will not be published.