PFI Yogyakarta Gelar Pameran Foto “Pageblug”

Pandemi Covid-19 tidak mematikan kreatifitas para pewarta foto di Yogyakarta. Organisasi pers Pewarta Foto Indonesia (PFI) Yogyakarta menyelenggarakan pameran foto jurnalistik dengan tema “Pageblug” yang digelar mulai 6 hingga 18 Desember 2021 bertempat di Galeri Bentara Budaya, Yogyakarta.

Pada pameran kali ini PFI Yogyakarta menampilkan karya dari 24 pewarta foto yang memajang sebanyak 144 karya fotojurnalistik dalam bentuk foto tunggal dan foto cerita.

Ketua pameran, Rahman menjelaskan bahwa ajang ini diselenggarakan dengan tujuan agar masyarakat lebih mengetahui bahwa pewarta foto adalah salah satu garda terdepan di saat pandemi. “Ini sudah menjadi tugas kami sebagai pewarta foto untuk meliput serta mendokumentasikan pageblug yang terjadi hingga saat ini. Meski resikonya juga cukup tinggi, tapi hal itu sudah menjadi kewajiban kami untuk mewartakan,” ujar Rahman.

Ketua PFI Yogyakarta Oka Hamied mengungkapkan, pameran ini menjadi pengingat bahwa Indonesia, khususnya Yogyakarta, telah mengalami pandemi yang merengut ribuan nyawa dan membuat masyarakat menderita. Banyak sekali korban jiwa hingga membuat masyarakat harus berubah ke tatanan kehidupan baru atau new normal.

“Ini bentuk tanggung jawab kami, menyampaikan apa adanya peristiwa tanpa adanya rekayasa. Pameran ini juga dapat menjadi bagian dari kontrol kepada pemerintah,” ujar Oka.

Pameran “Pageblug” juga didedikasikan kepada seluruh tenaga kesehatan, Satgas Covid-19 di Kabupaten/Kota, Tim Reaksi Cepat BPBD DIY, dan masyarakat yang telah berjibaku bersama melawan pandemi Covid-19.

Selama pameran akan ada juga sejumlah kegiatan seperti workshop story photo dan bincang multimedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.