Sumbangsih PFI di Era Pandemi

Foto terbaik APFI 2021 karya Givo Alputra – Harian Singgalang, Padang
  • Sambutan Ketua Umum PFI pada Anugerah Pewarta Foto Indonesia 2021

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat-Nya berupa kesehatan jiwa dan raga. Sehingga masih dapat berkarya dan berdaya memberikan manfaat bagi sesama.

Cikal bakal Pewarta Foto Indonesia (PFI), berawal dengan nama Fokus, berdiri pada 1992. Saat masa reformasi 1998, banyak rekan pewarta foto menjadi korban kekerasan ketika proses tumbangnya rezim kekuasaan order baru. Hal itu mendorong sejumlah jurnalis foto untuk memberikan perlindungan hukum kepada rekan seprofesinya di seluruh Indonesia. 

PFI kini telah terverifikasi oleh Dewan Pers, bergabung bersama konstituen pers lainnya; AJI, IJTI, dan PWI. Pada 2021 ini, PFI sudah memiliki perwakilan di 21 wilayah di Indonesia.  

Organisasi nirlaba ini terus berupaya menegakkan standar etika dan profesi pewarta foto. Lebih dari 700 pewarta foto tercatat sebagai anggota organisasi dan akan terus berkembang. Mengadakan aneka kegiatan yang bermanfaat dalam mengembangkan kreativitas maupun pendekatan yang bersifat edukatif kepada masyarakat secara berkala telah diselenggarakan PFI di berbagai wilayah.

Salah satunya adalah Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI), ajang apresiasi tertinggi untuk insan jurnalis foto di Indonesia. Menampilkan sejumlah peristiwa bersejarah yang direkam oleh pewarta foto dan pewarta warga di setiap tahunnya.

APFI pertama kali diselenggarakan pada 2009, dan kini masuk tahun ke-11. Dari berbagai tema karya yang masuk dan dikurasi oleh juri, keluar dua photo of the year, yaitu foto bertema bencana alam dan pandemi COVID-19.

Sejenak mundur di 2020, berawal di Maret, Indonesia memasuki babak baru perjuangan melawan COVID-19. Berbagai peristiwa yang menggambarkan penanganan COVID-19 dari hulu ke hilir, juga tak luput diabadikan oleh keluarga PFI di seluruh Indonesia. Pengingat untuk kita semua, sesulit apapun situasi yang dihadapi, jika bergandengan tangan – keberhasilan tak lagi sekadar angan.

Di tahun 2020 juga, APFI sempat absen. Ajang kebanggaan wartawan foto ini ikut terkena dampak pandemi sehingga tidak dapat diselenggarakan. 

Melalui APFI 2021 kali ini, kami insan jurnalis foto berharap, karya-karya para pemenang yang didokumentasikan dalam pameran dan buku ini dapat menjadi salah satu referensi menghadirkan solusi. Bagi siapa saja, dalam proses meriset berbagai masalah yang terjadi di tengah masyarakat. Dan akhirnya tercatat menjadi aset penting, bagian dari sejarah berbagai momen peristiwa di Indonesia.

Terima kasih dan apresiasi tertinggi saya haturkan kepada seluruh senior fotojurnalistik, pengurus PFI Kota, panitia penyelenggara yang telah berpeluh keringat, mitra serta seluruh stakeholder yang telah memberikan dukungannya secara total, dan tak lupa seluruh anggota PFI yang telah berpartisipasi pada agenda ini. 

Semoga pandemi Covid-19 ini lekas berlalu dan kita semua bisa kembali menyusuri kenormalan hidup yang sesungguhnya. 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Tangerang Selatan, 2 April 2021

Reno Esnir

Ketua Umum Pewarta Foto Indonesia (PFI)

Periode 2019-2022

Foto terbaik APFI 2020 karya Mugni Supardi – Radar Palu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *