29 Karya Foto Sutrisno Jambul Ditampilkan di Sekretariat PFI Pusat

Oscar Motuloh (kiri), Sutrisno Jambul, dan Reno Esnir

Mengawali tahun 2021, pewarta foto lepas Sutrisno Jambul menggelar pameran tunggal di Sekretariat Pewarta Foto Indonesia (PFI) Pusat, Jalan Ampera Raya 122a Jakarta Selatan. Pameran bertajuk Perempuan, Lelaki, dan Abstrak ini digelar mulai tanggal 10-16 Januari 2021.

Pameran dibuka oleh jurnalis senior Oscar Motuloh dan Ketua Umum PFI Reno Esnir. Dalam kesempatan ini, Oscar memberikan apresiasi terhadap gelaran pameran ini. “Ini adalah pameran pertama di masa pandemi (2021) yang digelar secara langsung”, ujar Oscar.

Kegiatan pembukaan pameran ini menerapkan pembatasan pengunjung dan waktu penyelenggaran yang dibatasi. Panitia hanya mempersilakan 15 orang saja yang dapat masuk ke ruang pameran, dan dibatasi selama 20 menit setiap sesinya.

Ketua Umum PFI Reno Esnir menyatakan dukungannya kepada Sutrisno Jambul, ditengah-tengah pandemi sekarang ini ia mengajak seluruh elemen untuk berkolaborasi dan bertoleransi setinggi-tingginya. “PFI sebagai induk organisasi pewarta foto di Indonesia wajib untuk mendukung kegiatan yang menunjang perkembangan fotojurnalistik tanah air. Apresiasi saya berikan kepada Trisno yang sudah berani dan percaya diri menggelar pameran ini”, ucap jurnalis LBKN Antara ini.

Di akhir acara pembukaan, Sutrisno Jambul memberikan kenang-kenangan foto kepada Oscar Motuloh dan Reno Esnir. “Terima kasih kepada PFI Pusat, saya doakan bisa semakin solid dan kelak memiliki sebuah galeri yang bisa menampung karya-karya fotografi”, tutup Trisno.

Teks dan Foto: Dwi Pambudo (Dido).