PFI Malang Ajak Santri Pelajari Jurnalisme Multimedia

WhatsApp Image 2022 03 12 at 16.40.14
Foto-foto: Rizky Dwi Putra/PFI Malang


MALANG – Pewarta Foto Indonesia (PFI) Malang menggelar pelatihan bertajuk Workshop Multimedia Journalism 2022 di Pondok Pesantren (Ponpes) Bahrul Maghfiroh, Sabtu (12/3/2022). Tak hanya mempelajari teori jurnalisme multimedia, 20 santri yang turut dalam kegiatan tersebut juga diajak berpraktik langsung.

Koordinator Wilayah PFI bagian Indonesia Timur sekaligus ketua pelaksana kegiatan, Aris N Hidayat mengungkapkan tujuan workshop ini sebagai bentuk tanggung jawab PFI untuk menghadirkan informasi yang berkualitas di era digital, baik informasi berupa foto, video, atau berbentuk tulisan.

“Tujuan workshop ini agar teman-teman santri bisa menambah pengetahuan dalam hal jurnalistik. Apalagi saat ini jaman digital, santri harus menyesuaikan dengan itu. Teman-teman nanti bisa mengaplikasikan materi yang akan disampaikan,” terang Aris.

Mengangkat tema Santri 4.0, kegiatan yang didukung oleh JNE Express dan BNI ini tak hanya berlangsung satu hari. Rencananya, akan ada tiga kali pertemuan antara pemateri dan santri untuk memaksimalkan proses pelatihan.

“Ini kegiatan intensif selama satu bulan dengan tiga pertemuan. Ada goal akhir berupa produk, baik itu foto, video, ataupun artikel yang bisa diterapkan atau dimanfaatkan di lingkungan pesantren,” urainya.
Aris menyebut, kegiatan pelatihan di pesantren ini baru kali pertama dilakukan oleh PFI Malang. Tidak menutup kemungkinan, kegiatan akan dilanjutkan ke pesantren-pesantren lain di wilayah Malang Raya.

“Ini pertama kali di lingkungan pesantren. Sebelumnya ada pelatihan-pelatihan dan sekolah gratis juga dari PFI Malang. Semoga workshop ini bermanfaat untuk teman-teman santri dan nantinya bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan potensi pesantren,” harapnya.

Salah satu peserta workshop, Faizin Ridhoi, mengaku senang mendapatkan pelatihan langsung dari praktisi media. Dia juga semangat karena bisa langsung praktik dengan didampingi mentor.
“Sangat membantu, apalagi saya juga ikut ekstrakurikuler multimedia. Ilmu-ilmu di sekolah bisa dipadukan dengan pengalaman di pekerjaan dari pemateri,” ujar santri kelas XI SMP Bahrul Maghfiroh itu.

Sebagai informasi, dalam pertemuan pertama Workshop Multimedia Journalism 2022 PFI Malang hadir empat pemateri. Yakni dari Ipunk Purwanto dengan materi dasar-dasar fotografi, Muhammad Firman membawakan materi dasar-dasar videografi. Dilanjutkan oleh Ari Bowo Sucipto mempraktikkan materi still life fotografi, serta Aman Rochman dengan materi fotografi portrait.

WhatsApp Image 2022 03 12 at 18.44.06


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *