Pewarta Foto Indonesia Salurkan Bantuan 792 Liter Minyak Goreng Untuk Pengungsi Semeru

01 PFI MALANG SALURKAN BANTUAN ERUPSI SEMERU DOK PFIMALANG 1

LUMAJANG – Organisasi pers Pewarta Foto Indonesia (PFI) Malang menyalurkan bantuan untuk korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (15/1/2022).

Bantuan ini ditujukan untuk meringankan beban warga yang menjadi korban bencana awan panas Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu, 4 Desember 2021 lalu.

“Kami sebagai wartawan foto yang turun langsung ke lokasi kejadian, melihat warga yang menjadi korban membutuhkan banyak bantuan, lalu kami berinisiatif untuk menggalang dan menyalurkan donasi.” ujar Sekretaris PFI Malang, Bayu Eka Novanta.

Bantuan disalurkan langsung oleh perwakilan PFI Malang ke lokasi terdampak di Kabupaten Lumajang. Sebanyak 792 liter minyak goreng, sejumlah bahan makanan, 50 paket alat tulis, dan 100 paket peralatan menggambar diserahkan kepada pengungsi dan anak-anak setempat di sejumlah kawasan seperti dusun Kajar Kuning, desa Sumber Wuluh, balai desa Penanggal dan di lokasi pengungsian terpusat lapangan desa Penanggal.

Khusus untuk di lokasi pengungsian terpusat, bantuan yang disalurkan berupa bingkisan makanan dan buku.

“Anak-anak senang sekali mendapat alat tulis dan gambar. Memang alat tulis dan gambar dibutuhkan oleh anak-anak untuk belajar selama di pengungsian,” kata Bahana Patria, pewarta foto koran harian Kompas yang ikut dalam penyaluran bantuan.

Ketua PFI Malang, Darmono, mengatakan bantuan berupa minyak goreng dipilih karena harga minyak goreng sedang naik. Dengan begitu, kebutuhan minyak goreng bagi pengungsi tercukupi di tengah kenaikan harga. “Karena minyak goreng sekarang sedang mahal, dan pasti dibutuhkan masyarakat korban Semeru serta awet,” ujar Momon, sapaan Darmono.

Begitu juga dengan bantuan berupa alat tulis dan gambar. Anak-anak pengungsi Gunung Semeru juga sedang membutuhkannya untuk bisa tetap belajar.

03 PFI MALANG SALURKAN BANTUAN ERUPSI SEMERU DOK PFIMALANG

Sekretaris Desa Penanggal Kabupaten Lumajang, Mufidun Alamin, yang juga Koordinator Posko mengaku bantuan minyak goreng ini sudah tepat karena persediaan memang sudah menipis, apalagi harga minyak goreng sedang melambung naik. “Kami sangat berterimakasih atas bantuan ini,” ujar Mufidun.

Mufidun juga menuturkan, bahwa salah satu yang sangat dibutuhkan pengungsi sekarang adalah perlengkapan dapur seperti rak piring, wajan dan sebagainya. “Selain itu para Ibu-ibu juga butuh daster, dan para Bapak membutuhkan celana pendek,” ungkapnya.

Bantuan itu merupakan hasil dari kolaborasi penggalangan donasi yang diinisiasi oleh PFI Malang. Donasi berasal dari berbagai kalangan, baik lembaga atau perseorangan. Donasi itu juga berasal dari hasil penjualan buku foto ‘Merapi’ karya fotografer Boy T Harjanto.

Penyaluran bantuan ini didukung oleh PFI Pusat, PFI Palembang, PFI Jogja, Tugu Media Group, Jatim Times Group dan Minyak Goreng Kuda.

04 PFI MALANG SALURKAN BANTUAN ERUPSI SEMERU DOK PFIMALANG

Narahubung: Bayu Novanta 0822 34187840

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *