PFI Dukung Pemberantasan Hoax dan Kebebasan Pers

Dewan Pers bersama segenap konstituen dari unsur perusahaan pers dan pekerja media menyelenggarakan dialog daring dengan Menkopolhukam, Mahfud MD.

Dalam pertemuan tersebut, PFI diwakilkan oleh Ketua Umum Reno Esnir dan Sekjen Hendra Eka mendukung langkah-langkah pemerintah dalam memberantas berita bohong (hoax) dan pemantapan kebebasan pers.

Selain itu, PFI juga menyuarakan agar pemerintah dapat membuat acuan pola komunikasi yang baik serta tidak melakukan tindakan-tindakan represif kepada awak media.

“Kami (PFI) berharap agar pemerintah lebih persuasif dan lebih terbuka dalam menyampaikan informasi secara lugas dan tepat”, ujar Reno Esnir.

Reno juga menambahkan agar tidak ada lagi kasus-kasus kekerasan terhadap wartawan saat melakukan kerja jurnalistiknya. “Semoga tidak ada lagi kabar pewarta foto dan rekan-rekan jurnalis yang mengalami kekerasan dalam bentuk apapun. Pemerintah harus tegas memberikan instruksi kepada seluruh jajarannya supaya memberikan ruang yang jelas dan bersikap kooperatif kepada media saat meliput sesuai dengan UU Pers No.40 tahun 1999″, tambah Reno.

Hadir dalam diskusi tersebut seluruh jajaran pimpinan Dewan Pers, organisasi pers, wakil perusahaan pers, wakil Kementerian BUMN, dan sejumlah tokoh pers.

Sebagai penutup, Menkopolhukam Mahfud MD berpesan agar media massa dapat menjadi penyeimbang yang lebih baik dibandingkan dengan media sosial dalam menyikapi sebuah informasi.

#pewartafotoindonesia #pfipusat