Legenda Naga Merah

*Perhatian: Sebagian Foto Mungkin Mengganggu

LEGENDA NAGA MERAH

Oleh: Sutanta Aditya / PFI Medan

Sekitar 800 juta orang hidup dan beraktivitas dalam 1.508 zona bahaya gunung berapi aktif yang tersebar di 86 negara dalam ‘ring of fire’ di seluruh dunia.

 Salah satunya adalah Sinabung yang mulai meletus berkepanjangan sejak Agustus 2010 setelah tidak aktif sejak 400 tahun silam. Sejarah erupsi Gunung Sinabung mencatat, sebanyak 28 orang meninggal dunia akibat kepanikan tersapu awan panas raksasa dalam rangkaian letusan tahun 2010, 2014 dan 2016, juga berlanjut pada 10 Agustus 2020 yang berdampak pada psikologi anak.

Data penanggulangan bencana di Indonesia menyebutkan, lebih dari lima juta orang hidup dan beraktivitas di dalam 130 zona bahaya gunung berapi, karena alasan kesuburan tanah dan pemandangan indah sebagai nilai pariwisata yang berharga.

Di sisi lain, letusan gunung berapi juga menyebabkan variabilitas perubahan iklim alami, kata profesor di Departemen Ilmu Lingkungan Rutgers University, Georgiy Stenchikov, melalui laman data bumi NASA.

Para ahli mempelajari gas-gas dan semburan material gunung berapi lainnya yang memuntahkan elemen stratosfer bumi, melanjutkan proses difraksi yang dimulai akibat berkurangnya volume radiasi matahari di permukaan bumi yang kemudian menurunkan suhu troposfer yang otomatis mengubah sirkulasi atmosfer.

Leave a Reply

Your email address will not be published.