Pewarta Foto Indonesia Persembahkan XL Axiata Photojournalist Mentorship 2020

Siaran Pers

Pewarta Foto Indonesia Persembahkan XL Axiata Photojournalist Mentorship 2020

Jakarta 6 Juli 2020 – Organisasi kewartawanan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Pusat mempersembahkan XL Axiata Photojournalist Mentorship 2020. Program pelatihan instensif yang difokuskan untuk pengembangan pendidikan fotojurnalis muda di Indonesia dalam merencanakan dan menyusun foto-foto liputan, dengan dukungan dari mentor-mentor yang sarat pengalaman.


Ketua PFI Pusat Reno Esnir menjelaskan bahwa digelarnya kegiatan ini merupakan salah satu wujud perhatian sekaligus kewajiban PFI terhadap perkembangan dunia pendidikan foto jurnalistik tanah air. “Memang salah satu concern kita pada kepengurusan PFI 2019-2022 ini adalah tentang pendidikan foto, dan semoga ini menjadi sebuah titik awal bangkitnya dunia pendidikan fotojurnalistik”, jelas Reno.

Reno juga menambahkan bahwa kegiatan ini telah direncanakan jauh hari oleh tim PFI Pusat. “Tim kami dalam beberapa bulan terakhir ini membahas banyak mengenai regulasi, materi ajar, mentor, tim seleksi, dan sistem yang akan dipakai pada program XL Axiata Photojournalist Mentorship 2020 ini”, ucap jurnalis Antara ini.

Terpisah, XL Axiata sebagai main partner dari program ini menyatakan dukungannya terhadap perkembangan fotojurnalistik di Indonesia. Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih berharap program ini dapat meningkatkan keahlian dan kompetensi pewarta foto muda di Indonesia. “Kami sangat senang dapat ikut memberikan dukungan kepada teman-teman PFI pada kegiatan mentoring fotojurnalistik ini”, ujar Tri Wahyuningsih.

Program XL Axiata Photojournalist Mentorship 2020 ini akan berlangsung secara virtual dan peserta terpilih dapat mengikuti sebanyak 11 kali kelas dari kota asalnya di seluruh Indonesia. Keseluruhan program akan berjalan selama kurang lebih 2 bulan, dan terbuka untuk mahasiswa/i, pewarta foto, dan pewarta foto lepas dibawah usia 27 tahun. 

Nantinya satu orang peserta terbaik mendapatkan gelar CommBank Most Valuable Photojournalist (MVP) dan akan mendapatkan grant personal photo project senilai lima juta rupiah, dan seluruh peserta terpilih akan mendapatkan subsidi biaya liputan sebesar 1 juta rupiah ditambah peralatan penunjang liputan.


Seluruh proposal yang masuk akan diseleksi oleh tim seleksi yang terdiri dari Adek Berry (Head of Selection Team), Albertus Vembrianto, dan Akbar Nugroho. Sedangkan untuk mentor yang akan mengajar adalah Anita Rachman, Ardiles Rante, Dita Alangkara, Fanny Octavianus, Hendra Suhara, Hermanus Prihatna, Rony Zakaria, dan Taufan Wijaya. Selain itu, nantinya ada pula co-mentor yang akan mendampingi secara intensif kesepuluh peserta tersebut, mereka adalah Dhemas Reviyanto dan Susanto.


Syarat dan formulir pendaftaran bisa diunduh di bio profil Instagram @pewartafotoindonesia, dan harus dikirimkan sebelum 11 Juli 2020 jam 20.00 WIB. Proposal terpilih akan diumumkan maksimal pada 16 Juli 2020. Program ini didukung penuh oleh XL Axiata, Pertamina, Commonwealth Bank, Pertamina Gas, Eiger, dan merahputih.com.

  • Narahubung:
  • Head of Program XL Axiata Photojournalist Mentorship 2020
  • M. Ali Wafa 0813 8297 0161

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *