Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2021 Resmi Diluncurkan

Jakarta, 21 Februari 2021 – Ajang penghargaan tertinggi jurnalis foto tanah air, Anugerah Pewarta Foto Indonesia 2021 kembali diselenggarakan oleh organisasi profesi wartawan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Pusat. Usai ditiadakan karena kondisi pandemi Covid-19 pada tahun 2020, APFI 2021 kali ini melombakan dua edisi berturut-turut untuk tahun 2019 dan 2020.

Ketua Umum PFI Reno Esnir berharap ajang ini mendapatkan dukungan dan support dari seluruh anggota PFI di Indonesia. “Meski pandemi ini belum selesai, namun PFI Pusat tetap berkomitmen untuk menggelar APFI 2021. Oleh karena itu kami mohon dukungan dan partisipasi dari seluruh anggota PFI dan para stakeholder untuk mendukung acara ini agar berlangsung sukses dan lancar”, ujar Reno.

Jurnalis LKBN Antara ini juga menyampaikan kegiatan APFI 2021 ini akan dilakukan secara sederhana, namun tetap tidak mengurangi kualitas karya pemenang dan eventnya. “Nantinya akan diselenggarakan secara secara ringkas dan lugas, tidak ada kerumunan, prokes ketat, dan tempatnya di Jakarta. Untuk info tempat, juri, dan detail lainnya akan segera kami umumkan. Acaranya juga berlangsung secara offline dan online”, tambahnya.

Ketua Panitia APFI 2021 Sopian, menjelaskan bahwa nantinya akan ada beberapa konsep baru terkait penyelenggaran Anugerah ini. “Ada beberapa teknis kegiatan yang kami ubah, mulai cara partisipasi, jumlah kategori, dan teknis penyelenggaran acara yang adaptif karena angka Covid-19 masih tinggi”, ujar Sopian.

Selain itu akan ada awarding khusus untuk PFI Kota yang berprestasi baik. “Ada dua kategori, Best Management Award dan Best Performance Award untuk dua pengurus PFI Kota terbaik yang akan dipilih oleh Ketua Umum dan Sekjen PFI Pusat. Dua-duanya berdasarkan raport selama satu tahun terakhir dan akan kita undang ke Jakarta saat penganugerahan”, tambah jurnalis Akurat.co ini.

PFI Pusat mengucapkan terima kasih kepada semua anggota PFI dan seluruh mitra yang telah berkomitmen mendukung APFI 2021 ini. Semoga kedepan kerjasama dalam mengembangkan nilai-nilai profesi fotojurnalis di tanah air dapat berlangsung baik dan berkesinambungan.

Batas akhir pengiriman karya 28 Februari 2021

Klik Tautan “Syarat dan Ketentuan APFI 2021”

Klik Tautan “Petunjuk Teknis Penulisan Caption dan Deskripsi APFI 2021”

Klik Tautan “Q and A APFI 2021”

Klik tautan “Kirim Karya APFI” dibawah ini untuk mendaftar.